Potensi Penyebab Pasokan ASI Rendah dan Tips untuk Mengatasinya

ASI secara alami datang ke ibu baru segera setelah melahirkan. Biasanya, jumlah ASI yang dapat diproduksi seorang ibu bergantung pada seberapa banyak yang dikonsumsi anaknya, karena tubuh ibu dapat dengan mudah menentukan cara memperbanyak asi yang dikonsumsi bayi secara teratur.

Namun, masalah seperti suplai ASI yang rendah masih merupakan salah satu masalah yang bisa dihadapi ibu baru saat masih dalam masa nifas. Ini bisa menjadi masalah, karena susu jenis ini masih menjadi makanan utama yang dikonsumsi anak Anda. Tanpa ASI dalam jumlah yang cukup, bayi menjadi kurang makan, sehingga membuatnya berisiko banyak infeksi dan penyakit dan menjadi kurang gizi.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus dapat menghasilkan susu sebanyak yang dibutuhkan. Karena bayi perlu menyusu sampai dua belas kali sehari selama beberapa bulan pertama, Anda harus siap untuk melahirkan dengan permintaan seperti ini.

Namun, untuk mengatasi masalah ini, Anda harus terlebih dahulu melihat apa penyebabnya. Salah satu alasan umum untuk ini adalah ketika Anda mulai memberikan suplemen susu anak Anda. Dengan memberi susu botol kepada anak Anda, ia akan cenderung untuk mengkonsumsi lebih sedikit dari Anda, yang pada gilirannya, akan memberi tahu tubuh Anda untuk menghasilkan jumlah susu yang lebih rendah.

Selain dari susu buatan itu sendiri, memberi makan pada botol juga menyebabkan kebingungan puting. Puting botol biasanya memerlukan cara menghisap yang berbeda, jadi ketika anak Anda sudah harus menyusui, kecenderungannya untuk tidak dapat menahan dengan benar cukup tinggi. Dan tanpa selotip yang benar, ia tidak akan bisa menyusui dengan benar.

Pembesaran payudara, sebagai jawaban atas sebagian besar pertanyaan ibu, untungnya, tidak berarti pasokan ASI lebih rendah. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa menyusui secara normal adalah mungkin bahkan setelah mendapatkan operasi seperti itu. Namun, kita harus tetap berhati-hati, seperti mastitis nifas, kondisi di mana jaringan payudara menjadi sakit dan satu komplikasi langka yang dapat diperoleh dari operasi payudara adalah penyebab umum dari masalah ini dalam pasokan susu.

Jika Anda curiga Anda mengalami kekurangan suplai ASI, jangan khawatir, karena ada cara bagaimana Anda bisa mengatasi masalah tersebut. Beberapa contoh tips yang dapat membantu Anda meningkatkan produksi susu adalah sebagai berikut:

1. Minum lebih banyak cairan atau minum obat perangsang susu selalu membantu.

2. Gunakan pompa berkualitas dan efektif saat mengeringkan ASI. Memompa memungkinkan Anda untuk mengeluarkan lebih banyak susu dari sistem Anda, sehingga melatihnya untuk menghasilkan lebih banyak.

3. Hindari suplemen. Suplemen ASI jauh lebih berat daripada ASI, jadi bayi perlu menyusu lebih sedikit dari itu. Jika bayi Anda selalu merasa kenyang dengan ini, ia akan menuntut lebih sedikit ASI, membuat Anda menghasilkan lebih sedikit.

4. Perawat sering dengan kedua payudara. Membiarkan bayi Anda menghabiskan ASI dari kedua sisi payudara Anda akan memberi tahu tubuh Anda bahwa Anda perlu memproduksi lebih banyak susu.

5. Ingatlah untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Apa yang Anda lakukan terhadap tubuh Anda memengaruhi persediaan susu Anda. Jadi, jika Anda ingin memastikan bahwa Anda bayi cukup makan, jaga diri Anda baik-baik terlebih dahulu.

Pastikan Anda selalu siap berada di sana untuk menjawab kebutuhan anak Anda. Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat yakin bahwa Anda dapat mencegah suplai ASI rendah dan bahwa Anda selalu dapat menyusui ketika bayi Anda membutuhkan ASI Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*