MPV China Wuling, Bukan Hitungan Mitsubishi Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif – Demi memperluas bisnisnya di Tanah Air, Mitsubishi Indonesia memberanikan diri bagi masuk ke pasar mobil low multi purpose vehicle (LMPV), tahun ini. Di awal kemunculannya (Agustus), produk Small MPV Mitsubishi ini diharapkan berkontribusi 21.000 unit pada fiskal 2017.

Kehadiran mobil MPV Mitsubishi ini mulai berbarengan dengan kehadiran mobil multiguna yang berasal China, Wuling. Namun, pihak Mitsubishi tak memasukkan Wuling dalam daftar hitung-hitungan rival, saat memetakan arena persaingan LMPV di dalam negeri .

“Belum dimasukkan, kalian terus mengacu pada model MPV yg telah ada, nah pemetaanya dari situ. Pastinya yg utama kalian berupaya kuat menyukseskan Small MPV ini,” ujar Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales and Marketing Group KTB ketika ditanyakan terkait dengan Wuling, Kamis (23/3/2017).

Imam selalu menegaskan, kalau pihaknya masih terkonsentrasi pada mobil penumpang baru berbasis XM Concept tersebut. “Terus terang kalian fokus kepada produk kita sendiri. Kami sendiri belum tahu peta posisinya mereka di mana, dan spesifikasinya seperti apa,” kata Imam.

Jangan lihat “China-nya”, Wuling sendiri yaitu salah sesuatu merek di bawah group otomotif besar SGMW, di mana salah sesuatu pemegang sahamnya General Motors, dengan kepemilikan 44 persen. Bukan tak mungkin kalau Wuling bakal mengadopsi teknologi GM, dan menjadi mobil yg berkualitas di pasar Indonesia, di tambah dengan harga jual yg terjangkau, sesuai ciri khas merek-merek yang berasal China.

Lebih dari itu, Wuling juga dinobatkan sebagai mobil MPV paling laris di China, dengan penjualan sampai 847.202 unit di 2016. Angka tersebut dianggap oleh JATO Dynamics yg yaitu konsultan otomotif, sebagai produk dengan penjualan terbaik di dunia.

Saat diluncurkan perdana nanti, SGMW Motor Indonesia yg menjadi induk Wuling, telah menyediakan 50 jaringan penjualan dan purna jual, yg tersebar di segala Indonesia. Investasi Wuling di sini mencapai 700 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*