Kementerian Agama Menyimpan BPIH 2019 Dikenal Sebelum Berubah Tahun

Madinah Indah Wisata Tempatnya Umroh Murah Di JAKARTA

Sekretaris Direktorat Jenderal Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Muhajirin Yanis akan mencoba mempercepat pelepasan Biaya Pelaksanaan Haji 2019 (BPIH). Hal ini disampaikan setelah sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakin Saifudin berharap BPIH bisa segera diketahui.

 

“Kami sedang mengerjakan rincian BPIH sebelum pergantian tahun. Ketika Menteri berbicara demikian, itu berarti sinyal bagi kami untuk mengambil langkah secepat mungkin dalam menyelesaikan laporan operasional dan keuangan,” kata Muhajirin kepada Republika.co. id, Kamis (4/10).

Muhajirin mengatakan bahwa salah satu syarat untuk menentukan biaya haji adalah melalui laporan operasional dan laporan keuangan tentang pelaksanaan ziarah tahun 2018. Departemen Agama yang baru menyelesaikan Rapat Kerja Nasional untuk Evaluasi Pelaksanaan Haji 2018 dan mendiskusikan pelaksanaan inovasi pada 2019.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Komisi VIII DPR sebagai mitra dalam membahas masalah Haji selalu terbuka. Mereka hanya menunggu ketika laporan selesai dan akan segera dibahas.

Ketika rincian dana ini telah ditetapkan dari awal dan jauh, ini akan menguntungkan calon peziarah yang akan berangkat pada 2019 dan Kementerian Agama. Calon peziarah tentu bisa memiliki ruang yang lebih panjang untuk mempersiapkan diri dan melunasi biaya. Sementara itu, Departemen Agama memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan operasi.

“Tentu saja ada prosedur yang harus diikuti untuk penentuan biaya ini. Tapi dengan pernyataan Menteri, itu menunjukkan komitmen kami dan mendorong untuk mencoba secepat mungkin,” lanjutnya.

Menteri Agama sebelumnya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional menyebut target bahwa BPIH 2019 dapat diselesaikan sebelum pergantian tahun baru. Dia mengatakan ada banyak manfaat dari ini.

Selain itu, ia menargetkan pada bulan November, Kementerian Agama sudah dapat menyerahkan laporan evaluasi dan laporan keuangan. Sebulan kemudian Anda bisa langsung membicarakan biaya perjalanan haji.

“Setelah Rapat Kerja Nasional tentang evaluasi, Kementerian Agama akan segera membuat laporan. Itu akan dibahas dengan Komisi VIII DPR untuk biaya ziarah 2019,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*